Memahami DNS dan Nama Domain

Sebagai pengguna internet, anda sudah sering melihat dan membaca istilah “IP Address” ayai alamat IP dalam keseharian. Anda mendengar dan mengetahui bahwa komputer yang digunakan untuk surfing diinternet memiliki alamat IP, website yang anda kunjungi memiliki IP, server email memiliki IP, tapi sebetulnya apa sih alamat IP itu?

IP Address atau Internet Protocol Address, diterjemahkan sebagai alamat IP adalah angka-angka pengenal unik yang diberikan untuk setiap komputer, baik jaringan lokal maupun internet. Jika di analogikan mirim dengan angka ponsel. Angka IP digunakan sebagai pengenal yang membedakan komputer satu dengan komputer lainnya yang saling terhubung satu sama lainnya didalam jaringan komputer atau internet.

Sebetulnya kita dapat menggunakan alamay IP untuk membuka situs web tertentu. Namun jika anda diharuskan mengingat ratusan ribu bahkan jutaan alamat IP yang ada saat ini untuk semua situs web yang berbeda-beda, tentu bisa anda bayangkan betapa sulitnya. Akan lebih mudah bagi siapa saja untuk mengingat nama-nama yang mencerminkan isi setiap website daripada harus mengingat alamat IP setiap website tersebut.

Karena alamat IP sangat mudah diingat dan dikenali komputer namun tidak demikian halnya bagi kita manusia, maka diperlukan perangkat yang manusiawi untuk menngani penerjemahan alamat IP ke nama-nama yang mudah diingat. Disinilah letak peranan DNS sebagai solusi masalah tersebut.

DNS atau Domain Name System adalah sebutan untuk kumpulan data yang menghubungkan nama-nama yang mudah dibaca dan diingat dengan alamat-alamat IP komputer tertentu diinternet. Nama-nama ini dikenal juga dengan istilah Nama Domain atau Domain Names.

Comments

comments

Comments

  1. Balas

  2. Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*